Cara Menghindari Pertengkaran untuk Hubungan yang Lebih Sehat!

Dalam sebuah hubungan pertengkaran merupakan suatu hal yang biasa terjadi pada setiap pasangan. Namun, pertengkaran yang tidak sehat dan sering terjadi perlu diminimalisir agar hubungan tetap langgeng dan harmonis. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara menghindari pertengkaran dengan pasangan

Ada banyak sekali penyebab pertengkaran dalam sebuah hubungan, baik itu masalah ringan maupun berat. Apapun penyebabnya, kamu harus menerapkan langkah menghindari pertengkaran sehingga hubungan bisa terus dipertahankan.

Mengenal Pertengkaran dengan Pasangan

Penyebab pertengkaran dengan pasangan bisa diawali dari berbagai macam hal. Mulai dari hal sepele seperti hanya berbeda pendapat saja, dapat mendatangkan pertengkaran yang besar bila tidak diatasi dengan tepat.

Perbedaan pendapat antara 2 orang dalam hubungan memang sering terjadi. Mulai dari selera makan, suhu ruang, tata letak barang, kebersihan atau apapun itu  dapat memicu perbedaan pendapat. Apabila hal ini tidak disikapi dengan baik, maka pertengkaran dapat terjadi dan menyebabkan hubungan menjadi renggang.

Sebetulnya, pertengkaran dalam hubungan tidak selalu berkaitan dengan hal buruk. Sebaliknya, dengan adanya pertengkaran atau perbedaan pendapat, terkadang kamu dan pasangan bisa saling mengutarakan pendapat dan bisa menemukan solusi bagi masalah yang sedang dihadapi.

Dan justru bukan hal yang benar dengan mengiyakan perkataan pasangan dan melakukan apapun yang diinginkan pasangan tanpa mengatakan apapun, maka hal tersebut dapat menjadi bumerang yang bisa merusak hubungan. Oleh karena itu, penting mengetahui perasaan dan pendapat satu dengan yang lain.

Meskipun pahit di katakan, setidaknya pasangan tahu apa yang kamu inginkan, begitupun sebaliknya. Dengan begini, perasaan dan keinginan satu sama lain bisa dicari solusi dan penyelesaiannya agar hubungan menjadi lebih kuat. 

Cara Menghindari Pertengkaran dengan Pasangan

Pertengkaran memang kadang hadir saat perbedaan pendapat itu muncul. Karenanya kamu harus menerapkan cara menghindari pertengkaran dengan menentukan sikap yang tepat agar kamu juga dapat mengutarakan apa yang kamu rasakan. Berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan agar pertengkaran dapat dihindari:

  1. Memilih waktu yang tepat untuk berbicara

Apabila ada suatu hal yang memicu pertengkaran, segera pilih waktu untuk mengatasinya dengan kepala dingin satu sama lain. Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar pertengkaran dapat dihindari.

  1. Mulai berbicara tanpa emosi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah jangan mengeluarkan kata-kata kasar. Walaupun kamu merasa tidak suka dengan apa yang sedang terjadi, kamu tidak harus membuat kata-kata kasar, keras atau memojokkan. Katakan sesuatu yang jauh lebih positif dan kalem agar tidak kembali memicu pertengkaran.

  1. Gunakan pernyataan ‘saya’ bukan ‘kamu

 Selanjutnya, gunakan pernyataan yang membuat pasangan tidak seperti diserang dan seseorang bisa bertanggung jawab terhadap perasaan sendiri. Daripada berkata ‘kamu tidak pernah mendengarkan saya’, sebaiknya diganti dengan ‘saya merasa tidak didengar saat berbicara dengan kamu’.

  1. Coba lihat dari sudut pandang pasangan

Tidak ada yang salah jika mendengarkan pendapat pasangan sebelum menyerangnya dengan perspektif diri sendiri, hargai serta validasi bahwa setiap orang mempunyai perasaannya tersendiri.

Ingatlah bahwa pertengkaran tidak bisa menyelesaikan suatu masalah. Dengarkanlah  pasangan dan cobalah  untuk mencari solusi, bukan malah membesarkan masalah yang terjadi.

  1. Bersiap untuk kompromi

Hal yang terkadang membuat pertengkaran tak kunjung usai adalah rasa egois dari kedua belah pihak dan tidak mau berkompromi. Padahal dengan adanya kompromi dari masing-masing orang bisa memberikan kejelasan ketimbang berpegang teguh terhadap sebuah pendapat.

Hal yang Perlu Dihindari Bila Pertengkaran Terjadi

Selain menerapkan cara di atas, terdapat beberapa sikap yang harus dihindari saat kamu bertengkar dengan pasangan, yakni:

  • Selalu membela diri dan tidak mau berkompromi
  • Merasa paling benar pendapatnya dan mengungkit kesalahan yang tidak berkait dengan masalah
  • Selalu menolak diskusi dengan kepala dingin dan hati tenang
  • Tidak ingin mendengarkan dan terus menginterupsi pendapat pasangan

Pertengkaran dengan pasangan memang sebuah bumbu tersendiri dalam hubungan, namun hal ini bisa dihindari atau setidaknya diminimalisir agar hubungan bisa langgeng dan dapat dipertahankan. Semoga kamu dapat menerapkan cara menghindari pertengkaran yang telah kami hadirkan dan hubungan kamu dengan pasangan semakin langgeng dan harmonis.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*