Kenali Berbagai Manfaat Berpelukan yang Bisa Tingkatkan Rasa Bahagia

Berpelukan menjadi bahasa tubuh yang bagi banyak orang terbukti memberi manfaat spesial. Manfaat berpelukan bukan sebagai bentuk dari kasih sayang dan rasa cinta, tapi lebih dari itu, pelukan mampu meningkatkan kualitas hidup, serta menghindari perasaan stres berlebih.

Bagi sebagian orang, sebuah pelukan tulus dari mereka yang memang peduli akan memberi ketenangan batin. Bahkan oleh mereka yang sebenarnya tidak kita kenali. Apa saja manfaat dari pelukan? Mari ulas bersama.

Mengenal Apa Saja Manfaat Berpelukan

Tipe pelukan memang bermacam-macam dan tergantung pada mereka yang melakukannya. Tetapi pada intinya, berpelukan menjadi gerakan tubuh yang menggambarkan kedekatan dan rasa saling peduli.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Saat berpelukan, tubuh mengeluarkan sinyal alami yang menciptakan perasaan tenang dan aman. Hal ini membuat tubuh lebih mampu melawan kemunculan hormon kortisol sebagai jenis hormon yang diproduksi ketika muncul perasaan stres dan depresi. Menurunkan jumlah hormon tersebut akan bantu menjaga kesehatan jantung.

Melambangkan Hubungan yang Harmonis

Pasangan ataupun anggota keluarga yang rutin memberi pelukan satu sama lain akan menciptakan suasana bahagia dan membuatnya terlihat lebih harmonis. Bukan sekadar di luarnya saja, tapi juga keterikatan batin antara pasangan dan keluarga pun semakin erat.

Membiasakan untuk berpelukan bagi pasangan, juga bagi anggota keluarga dalam berbagai kesempatan bisa diterapkan sejak kecil untuk mengajarkan tentang kasih sayang.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak mudah merasa stres dan selalu merasa disayangi oleh orang-orang terdekat menjadi salah satu poin penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus manfaat berpelukan lainnya. Perasaan cemas, gelisah, serta stres membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Tentu saja harus juga didukung dengan pola hidup teratur dan asupan yang bernutrisi baik. Selain itu, rutin aktif bergerak dan berolahraga juga tidak boleh dilewatkan.

Memberi Rasa Tenang dan Aman

Pelukan yang tulus dari orang terdekat akan memberi rasa tenang dan aman. Contohnya pelukan ibu kepada anak, pelukan kakak kepada adiknya, dan lain-lain. Kamu juga bisa melakukan hal lain yang membuat mereka lebih tenang seperti mengucapkan ucapan tertentu.

Memintanya untuk tidak lagi panik dan semuanya akan berjalan lebih baik, maupun menjelaskan mengenai apapun dengan nada yang teratur untuk membuatnya merasa lebih nyaman aman.

Meredakan Sakit

Bukan hanya mengenai perasaan atau perihal ‘hati sakit’, berpelukan pun bisa meredakan rasa sakit lain yang disebabkan berbagai kondisi. Seperti saat terjatuh di jalan, kram perut, anggota tubuh terbentur, dan kondisi lainnya.

Dengan memberi pelukan, rasa nyeri dan sakit tersebut bisa reda. Oleh karenanya banyak orang tua yang memilih langsung memeluk sang anak ketika anak tidak sengaja terbentur ataupun terluka akibat jatuh.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Pelukan hangat dari orang terdekat juga mampu membuat tidur lebih nyenyak yang mana akan meningkatkan kualitas tidur. Berpelukan menjadi satu cara dalam mengatasi kesulitan tidur atau gejala insomnia.

Kedekatan fisik saat tidur malam bisa bantu tingkatkan produksi hormon oksitosin. Hormon ini akan melawan hormon kortisol, sehingga kamu merasa jauh lebih nyaman, membuat tubuh lebih rileks, dan cepat merasa ngantuk.

Bagi bayi, pelukan hangat dari ibu merupakan sebuah cara untuk membuatnya merasa aman. Jadi, tidak heran bila tangisan bayi bisa langsung mereda hanya dengan pelukan ibu. Manfaat berpelukan di atas bisa kamu lengkapi dengan bahasa kasih sayang atau rasa cinta lainnya untuk menjaga ikatan spesial.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*